Kamis, 02 Agustus 2018

MODUS PENIPUAN VIA TELEGRAM

Modus Baru Penipuan 
Meminta Kode verifikasi Telegram

Sudah dua kali dalam sepekan ini saya mendapat telepon dari no yang berbeda. Salah satu yang baru yaitu dari nomor ini  +6281271509262. Nomor tersebuat mengatasnamakan dari pihak telegram yang sedang memverifikasi para penggunanya melalui nomor handphone. Mereka beralasan katanya jika saya tidak mengikuti arahan dari telepon tersebut, akun telegram saya akan terblokir. Seketika itu juga saat saya menerima telepon seperti itu tidak langsung memercayainya, malah secara spontan saya hafal kalau itu merupakan modus penipuan.




Modus tersebut sebetulnya banyak dialami oleh para penjual pulsa/counter pulsa. Karena saya juga kebetulan bergelut dibidanng tersebut, alhasil kebagian pula modus penipuan tersebut. Modunya sebutulnya tidak hanya memalui telepon/panggilan saja, namun ada yang melalui sms seperti tampak pada gambar berikut :


Ketika sahabat menerima sms tampak seperti di atas, jangan pernah membalas atau mengirimkan kode verifikasinya. Ketika sahabat mengikuti apa yang diperintahkan di sms tersebut, kemudian mengirimkan kode verifikasinya, maka akaun telegram sahabatpun akan diambil alih oleh si penipu tersebut. 

Cara terhindar dari hacker telegram :
Informasi ini wajib diketahui oleh para pengelola server pulsa ataupun para penjual pulsa/counter pulsa yang transaksi menggunakan telegram.
1. Jangan pernah memberikan kode login telegram kepada siapapun.
2. Jangan pernah memberikan kode OTP / kode verifikasi kepada siapapun.
Maka dengan cara seperti itu sahabat akan terhindar dari modus hack telegram, dan akun anda akan aman.

Ada tips untuk pengguna telegram, agar lebih mengamankan akun telegram anda, harap security akun telegram anda ditingkatkan lagi dengan cara menambahkan Additional Password / Two Step Verifikaction. Fitur tersebut dapat anda temukan dibagian :

Via Android : Menu > Settings > Privacy and Security > Two-StepVerification > Set Additional Password
Via Web : Menu > Settings > Set Additional Password

Setelah itu masukkan kata sandi, hint password, dan email (Untuk recovery ketika sahabat lupa kata sandi).

Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Intinya adalah jangan pernah memberikan password, PIN, kode OTP kepada siapapun. Pihak telegram sendiri tidak akan pernah meminta data password, PIN, OTP anda. 

tag:
pulsa murah 2018 | pulsa termurah 2018 | server termurah 2018 | agen pulsa termurah 2018 | server pulsa murah 2018 pulsa token murah 2018